9 Sungai Terpanjang Di Benua Eropa


Sungai merupakan sebuah aliran air yang ukurannya besar, memanjang, dan berkelok-kelok dengan debit air yang mengalir terus menerus dari hulu hingga sampai ke hilir. Di bawah ini dijelaskan ada macam macam sungai terpanjang yang ada dibenua eropa.

1. Sungai volga

Sungai volga merupakan sungai terpanjang yang ada dibenua eropa. Sungai volga ini memiliki aliran yang panjang sekitar 3.692 km dan secara administratif sungai volga menjadi bagian dari negara Rusia. Sungai volga juga melewati beberapa kota besar yaitu Kazan, Moskow,  Nizhny Novgorod. Rata-rata debit aliran air sungai ialah 8.060 meter kubik per detik.

2. Sungai Danube

Sungai danube ini memiliki panjang alirannya sekitar 2.850 km yang bersumber dari hutan hitam. Sungai danube ini melewati beberapa negara yang ada di eropa sekaligus yaitu Rumania, Moldavia, Ukraina, Kroasia dan Serbia. Sungai danaube adalah salah satu sungai di benua eropa yang mengalir dari arah timur hingga ke barat. 

3. Sungai Ural

Sungai ural adalah salah satu jenis sungai yang dapat melintasi dua benua sekaligus, yaitu benua Eropa dan benua Asia. Sungai ural ini mengalir sejauh 2.428 km dan melintasi Rusia dan Kazakhstan. Sumber aliran sungai ural berasal dari pegunungan dan bermuara di laut kapsia atau laut mazandaran. Sungai ural ini bermuara di laut hitam juga.

4. Sungai Dnieper

Sungai dnieper adalah sungai yang memiliki panjang 2.285 km dan melewati beberapa yaitu Ukraina (1.095 km), Belarusia (595 km), dan Rusia (485 km). Sungai dnieper ini juga bermanfaat sebagai jalur transportasi, bukan hanya itu sungai dnieper juga di manfaatkan sebagai pembangkit litrik tenaga air, di Zaporizhia yang didirikan pada tahun 1927-1932.

5. Sungai Don

Sungai don adalah salah satu jenis sungai yang terpenting di Rusia. Sungai don alirannya yang memiliki panjang sekitaran 1.950 (1.220 miles) hingga bermuara di bagian lau azhov. Sungai ini melewati kota Novomoskov (200 km sebelah timur Moskow), dan sungai ini melewati salah satu kota yang bernama Rostov di Rusia. 

6. Sungai Pechora

 Rusia merupakan penyumbang sungai-sungai terpanjang didunia salah satunya yaitu sungai pechora, sungai yang  memiliki panjang 1.809 km ini mengalir deras dari pegunungan ural atau riphean dan alirannya berakhir di samudra arktik, tepatnya berada dilaut pencora. Sungai pechora ini bermuara di laut hitam benua eropa. Itu terletak sebagian besar di Republik komi tetapi di bagian utara dan meelwati Nenentsia.

7. Sungai Belaya

Sungai belaya adalah salah satu anak sungai chulman atau kama. Sungai belaya sebagian besarnya mengalir di bagian kawasan wilayah wilayah Rusia, tepatnya berada di daerah Bashkortostan. Aliran sungai belaya mencakup sekitar 1.430 km. Sungai belaya bergabung dengan sungai kama di atas Derbeshinsky, anak sungai pertama belaya adalah sungai ufa.

8. Sungai Dniester

Sungai dniester adalah sungai yang panjang alirannya memiliki 1.362 km dan airnya yang berasal dari sebuah kawasan pegunungan Karpatia, yaitu sebuah pegunungan yang membentang di Eropa Tengah hingga Eropa Timur. Sungai dniester ini bermuara di laut hitam. Sungai dniester ini melewati beberapa kota yaitu kota Drohobych.

9. Sungai Kama

Sungai kama atau bisa disebut juga dengan sungai chulman merupakan salah satu anak sungai volga, sungai kama ini sangat terkenal panjangnya karena alirannya memiliki panjang sekitar 1.805 km dan melewati sepanjang pegunungan ural atau riphean. Sungai ini melewati beberapa kota yaitu kota perm, rostov, dan lainnya. Laut ini mengalirkan cekungan sebesar 202.000 mil persegi (522.000 km persegi). Aliran maksimal sungai kama pada musim semi setelah pencairan salju menyumbang sampai 60% dari aliran tahun lalu.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai Terpanjang di Benua Amerika

5 Sungai yang Dimanfaatkan Sebagai Sarana Tranportasi di Indonesia

Deretan Sungai Terbersih di Dunia, No 1 Ada di Inggris